Gaya hidup dan pengetahuan

4 Cara Membuat Organ Intim Wanita Tetap Sehat

4 Cara Membuat Organ Intim Wanita Tetap Sehat

Organ intim perempuan merupakan salah satu alat reproduksi yang haru selalu dijaga oleh setip wanita. Normalnya organ intim wanita ini memiliki sifat asam dan juga terdapat bakter-bakteri baik yang dapaty melindungi organ intim wanita dari bakteri jahat yang bisa menyebabkan infeksi, selain itu bakteri baik pada vagina ini berfungsi untuk mempertahankan pH atau tingkat keasaman dari vagina. Vagina yang sehat dan normal biasanya akan mengeluarkan cairan yang berfungsi untuk membuat organ intim wanita ini tetap lembab dan juga bersih, sama halnya dengan saliva atau air liur pada mulutkita yang memiliki fungsi agar mulut kita tetap bersih. Perawatan terhadap vagina ini harus dilakukan dengan tepat, karena seperti yang disebutkan tadi bahwa vagina ini merupakan salah satu organ penting dalam reproduksi karena vagina ini berhubungan langsung dengan leher Rahim dan Rahim pada wanita. Perawatan pada organb intim wanita akan membuat organ intim menjadi sehat dan menghindari terjadinya iritasi dan juga infeksi pada vagina yang bisa menyebabkan beberapa penyakit yang lebih serius. Pada artikel kali ini kami akan berfokus terhadap cara menjaga kesehatan organ vital perempuan.

1. Mencuci organ intim dengan tepat

Sebaiknya hindari sabun dengan kandungan pewangi, gel, dan antiseptik karena ini dapat mempengaruhi keseimbangan bakteri dan tingkat pH di vagina dan menyebabkan iritasi.

Gunakan sabun khusus organ intim wanita yang tidak berbau untuk mencuci area sekitar vagina (vulva) dengan lembut setiap hari. Sebenarnya vagina ini adalah organ yang sangat pintar dimana vagina akan membersihkan dirinya sendiri dengan cairan vagina yang keluar. "Selama menstruasi, mencuci lebih dari sekali sehari mungkin bisa membantu," kata Dr Elneil, yang menunjukkan bahwa menjaga area perineum antara vagina dan anus bersih juga penting.

2. Jangan terlalu sering mencukur bulu kemaluan

Tidak apa-apa untuk melakukan sedikit pemangkasan atau menghilangkan rambut di daerah organ intim kalian. Tetapi sebaiknya hal ini jangn terlalu sering dilakukan. Rambut didaerah organ intim wanita ini sebenarnya memiliki banyak tujuan.  Salah satuny ayang paling penting yaitu rambut di daerah vagina ini melindungi organ intim kalian dari serangan bakteri-bakteri jahat, dan juga menghilangkan masalah yang terkait dengan gesekan dan berkeringat di sekitaran vagina. Dengan mengurangi aktivitas mencukur bulu kemaluan maka vagina kalian akan lebih sehat karena terhindar dari gesekan dan rasa gatal yang diakibatkan oleh mencukur bulu-bulu tersebut. 

3. Hindari pakaian dalam yang ketat

Sebaiknya kalian menggunakan pakaian dalam yang sedikit longgar, karena dengan menggunakan pakaian dalam yang ketat akan mengganggu sirkulasi udara pada vagina. Dan pilihlah bahan celana dalam yang nyaman digunakan juga, Pakaian dalam katun sangat bagus karena cela dalam dari katun dapat menyerap keringat disekitaran organ intim sehingga kelembaban pada vagina tidakakan berlebihan sehingga mengurangi resiko berkembangnya bakteri pada sekitaran organ intim. Mengganti pakaian basah dengan cepat juga dapat membantu mengurangi masalah pada organ intim. Terlepas dari jenis pakaian dalam yang kalian sukai, pastikan untuk menggantinya setiap hari.

4. Lepaskan pakaian dalam saat tidur

Tidak bohong, tidur tanpa menggunakan pakaian dalam dapat membuat vagina kalian lebih sehat. Terlepas dari pakaian dalam apa yang kalian kenakan di siang hari, pergi tanpa pakaian dalam semalam bisa membantu vagina kalian bernapas. Manfaatnya tidak berhenti di situ saja. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suhu yang lebih dingin bisa sangat baik untuk kesehatan organ intim. 
Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar