Gaya hidup dan pengetahuan

4 Kesalahan Pemakaian Mobil yang Perlu Dihindari

 
4 Kesalahan Pemakaian Mobil yang Perlu Dihindari

Mobil yang Anda gunakan berkendara sehari-hari mungkin tidak selalu menunjukkan performa prima. Begitu juga pada pengguna mobil Innova yang pasti juga sering menemukan beberapa masalah. Masalah tersebut biasanya disebabkan oleh kesalahan dan kecerobohan pemakaian dari pengguna itu sendiri. 

Kesalahan Pemakaian

Selain digunakan untuk berkendara, mobil juga butuh perlakuan atau perawatan yang tepat. Anda juga harus menghindari kesalahan-kesalahan pemakaian untuk merawat kondisi mobil. Berikut adalah 4 kesalahan pemakaian mobil yang wajib untuk dihindari.

1. Tidak Servis Rutin

Kesalahan utama yang paling sering terjadi adalah tidak melakukan servis secara rutin. Kebiasaan ini begitu sering ditemukan pada tipe orang yang punya kesibukan tinggi. Terlalu sibuk sampai tak mau meluangkan waktu untuk servis kendaraan. Padahal kebiasaan ini justru akan membuat performa mobil bisa menurun.

Servis rutin wajib dilalui untuk memeriksa performa dari semua komponen penting pada mobil. Jika tak dilakukan servis berkala maka bisa saja terjadi kerusakan yang semakin bertambah parah. Paling parah, kondisi ini bisa mengakibatkan mobil harus turun mesin.

2. Berkendara tanpa Cek Rutin

Banyak juga pengendara mobil yang enggan melakukan pemeriksaan rutin sebelum pergi berkendara. Padahal kebiasaan satu ini juga seharusnya dilakukan. Paling tidak periksa kondisi ban, mesin, juga oli. Pemeriksaan singkat bisa sangat membantu Anda memperpanjang usia pemakaian mobil. 

Seperti kita tahu kalau harga Innova tergolong tinggi dan kerusakan yang terjadi pada mobil tersebut juga bisa memakan biaya besar. Padahal kerugian ini bisa dihindari dengan pemeriksaan singkat setiap hari. Daripada harus mengeluarkan banyak uang, lebih baik luangkan waktu sebentar memeriksa kondisi mobil Anda.

3. Asal Memakai Bahan Bakar

Kesalahan satu ini juga cukup banyak terjadi dan sangat berpengaruh besar pada performa sebuah mobil. Banyak pengendara yang tidak memperhatikan tipe BBM untuk dipakai di kendaraan mereka. Pahami kendaraan Anda menggunakan jenis BBM apa, apakah tipe diesel atau bensin. Gunakan jenis BBM yang tepat demi menjaga performa mesin mobil yang dikendarai.

4. Kesalahan Pemakaian Tipe Matic

Khusus bagi pengguna mobil transmisi otomatis, ada beberapa kebiasaan yang wajib untuk dihindari. Salah satunya adalah melakukan oper gigi maju dan mundur pada saat posisi mobil masih berjalan. Seharusnya mobil harus direm sampai benar-benar dalam posisi berhenti baru kemudian dilakukan pemindahan tuas.

Kesalahan lain pengguna mobil matic adalah lupa mengaktifkan overdrive kembali. Kondisi ini menyebabkan kecepatan mobil akan tetap bertahan di posisi gigi 3. Hal ini akan memicu terjadinya overheat mesin dan berakibat buruk bagi sistem transmisi mobil.

Itulah 4 kesalahan yang harus dihindari oleh para pengendara. Pilihan mobil keluaran Toyota dengan fitur dan spesifikasi yang tinggi sekalipun juga tetap harus dirawat sebaik mungkin. Bagi Anda yang saat ini membutuhkan mobil untuk beraktivitas, jangan ragu untuk mencoba alternatif pembelian lewat kredit Innova
Bagikan:

0 komentar:

Posting Komentar