Gaya hidup dan informasi

Mengenali Ragam Gejala Asam Urat pada Kaki

Mengenali Ragam Gejala Asam Urat pada Kaki

Mengenal asam urat pada kaki sedini mungkin akan mempermudah tindakan penanganan dan pengobatan. Kadar asam urat yang terlampau tinggi dalam darah memang bisa menimbulkan beragam jenis gejala. Biasanya kondisi asam urat atau gout ini akan berdampak pada bagian kaki penderitanya. Hal ini tidak hanya dapat ditemui pada orang tua namun juga bisa menyerang anak muda.

Gejala Asam Urat di Kaki

Apa saja yang akan terjadi pada kaki Anda jika terindikasi asam urat atau gout? Ada beberapa tanda yang akan dirasakan dan umumnya tanda-tanda tersebut akan mengganggu kenyamanan beraktivitas sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa ragam gejala asam urat yang terjadi di kaki:

1. Nyeri di Bagian Ibu Jari

Salah satu gejala paling sering ditemui saat terjadi asam urat pada kaki adalah nyeri di bagian ibu jari. Bisa dikatakan bahwa gejala ini cukup menonjol sehingga sering dijadikan sebagai indikator utama asam urat. Biasanya rasa nyeri pada ibu jari akan terasa sangat kuat namun berangsur-angsur hilang dalam hitungan jam sampai hitungan hari.

2. Muncul Nyeri Tekan

Gejala lain yang bisa menunjukkan bahwa Anda sedang menderita asam urat pada kaki adalah munculnya nyeri tekan. Nyeri tekan ini biasanya akan muncul setelah nyeri di bagian ibu jari tadi menghilang. Sesuai dengan namanya, nyeri tekan merupakan kondisi munculnya nyeri saat diberikan tekanan. 

Umumnya bagian yang sering mengalami nyeri tekan adalah sendi ibu jari kaki. Namun nyeri ini juga bisa terjadi di bagian kaki lainnya, tepat pada titik dimana asam urat bertumpuk. Nyeri tekan pada kaki khususnya di bagian jari-jari bisa bertahan cukup lama mulai dari hitungan hari sampai hitungan minggu.

3. Kulit Mengelupas

Salah satu cara mengenal asam urat pada kaki adalah dengan mengamati kondisi kulit. Jika terjadi pengelupasan pada kulit maka hal ini bisa dicurigai sebagai indikasi terjadinya asam urat. Umumnya pengelupasan ini akan terjadi di area kaki yang mengalami nyeri. Pengelupasan terjadi sebagai bentuk kerusakan jaringan kulit akibat asam urat. 

Selain mengelupas, area kulit tersebut juga biasanya akan terasa gatal. Selanjutnya bisa saja terjadi iritasi kulit di bagian yang mengelupas tadi. Kondisi ini tentu bisa berkembang semakin parah jika tidak ada tindakan yang tepat dan akan membuat kondisi kulit semakin memburuk.

4. Kaki Membengkak

Asam urat pada kaki juga bisa ditunjukkan dengan adanya pembengkakan. Area yang mengalami pembengkakan umumnya adalah di bagian ibu jari. Ibu jari kaki merupakan bagian tubuh yang menyimpan kelebihan asam urat sehingga sangat rentan merasakan nyeri serta bengkak. 

Namun, perlu diketahui bahwa pembengkakan karena asam urat tidak hanya terjadi pada ibu jari. Pembengkakan ini bisa saja meluas ke area betis dan lutut. Pembengkakan akan disertai pula dengan ruam merah dan biasanya akan terasa sakit saat dipegang. Parahnya lagi, pembengkakan ini bisa saja menimbulkan perdarahan.

5. Muncul Serangan Nyeri Mendadak

Gejala lain yang juga bisa menandakan asam urat pada kaki adalah muncul serangan nyeri tiba-tiba. Biasanya rasa nyeri tersebut akan muncul secara mendadak di malam hari. Bagian yang nyeri tidak pasti, bisa di area lutut, betis, maupun jari-jari kaki. Sebagian besar orang akan merasakan nyeri tersebut terasa begitu hebat namun juga bisa dengan mudah menghilang.

Mengenal asam urat pada kaki sedini mungkin akan membantu Anda memperoleh solusi tepat. Anda bisa segera berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Pastikan untuk menerapkan pola hidup sehat dan menjaga asupan makan agar kondisi asam urat ini tidak memburuk.

0 komentar:

Posting Komentar